Langsung ke konten utama

Apa Itu UKM-F Dzikr N Fikr!!🤔

 Hallo Teman² Yuk Kenalan Lebih dekat Tentang Apa itu UKM-F DZIKR N FIKR Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura.

Baik Langsung Saja Ya....Aunty Jelasin

Jadi,,,, UKM-F DZIKR N FIKR adalah Sebuah unit kegiatan yang mempelajari dan mengembangkan potensi mahasiswa dibidng bahasa Arab dan bahasa Inggris.

UKM-F DZIKR N FIKR berdiri pada tanggal 28 Desember 2013 dan diresmikan pada tanggal 24 April 2016 oleh Dekan FKIS. Berawal dari sebuah komunitas kecil lalu berkembang menjadi UKM tingkat Fakultas. 

Untuk bergabung pada UKM-F DZIKR N FIKR itu mudah loh, kamu tidak harus pandai dalam berbahasa Arab ataupun bahasa Inggris. 

Kita semua belajar dari awal dan disitulah kami menyebutnya Na'tazubil arabiah. 

Dimulai dari materi dasar hingga ke tingkat, seperti dalam bahasa Arab contohnya ada nahwu dan shorof, sedangkan didalam bahasa Inggris contohnya ada grammar hingga vocab.

Kemudian output dari Na'tazubil arabiah ini adalah kita mampu menguasai dalam bidang bahasa Arab maupun bahasa Inggris.Kami juga berusaha untuk selalu membuka wawasan akan perkembangan dalam menggunakan bahasa Arab ataupun bahasa Inggris.

 Caranya dengan melakukan sebuah kajian dan pelatihan bersama dengan pemantik yang memberikan ilmunya.

Oh iya, tidak hanya itu, untuk meningkatkan dan mengasah skill kami juga mengadakan pelatihan sekaligus mengikuti berbagai lomba dan disetiap lomba itupun temanya bermacam-macam, contoh lomba yang kita ikuti adalah debat bahasa Arab, pidato bahasa Arab, puisi bahasa Arab, baca berita bahasa Arab, baca kitab, fiqh dan muamalah.

Tidak hanya itu saja kami juga melakukan hafalan Mufrodat bahasa Arab dan vocab dalam bahasa Inggris.

Kami juga mengadakan acara Akbar tahunan yaitu Mahaara, Dalam Mahaara ini kami mengadakan berbagai macam lomba sekaligus dalam Mahaara ini kami juga mengadakan seminar nasional.

UKM-F DZIKR N FIKR itu juga pernah menjuarai sampai ranah internasional loh. UKM-F DZIKR N FIKR juga bergabung dalam organisasi studi Arab se-Indonesia atau biasanya disebut dengan IMASASI. Nah, didalam IMASASI salah satu kegiatannya adalah MUNAS yaitu Musyawarah Nasional.

 Pada dasarnya UKM-F DZIKR N FIKR adalah sebuah organisasi maka dari itu kami juga memiliki sebuah kepengurusan. 

Pengurus UKM-F DZIKR N FIKR terdiri dari Pembina, Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara dan Pengembangan Bahasa Arab atau PBA serta beberapa devisi lainnya. Adanya pengembangan devisi ini, untuk mempermudah dalam melaksanakan tiap program kerja dalam sebuah organisasi. Dan seperti pada umumnya sebuah organisasi juga perlu untuk sekedar bersantai ditengah padatnya agenda.

Jadi, kami mengadakan agenda kegiatan liburan bersama untuk merefresh pikiran sekaligus kita juga menjadi semakin akrab.

Komentar

  1. The article introduces UKM-F Dzikr N Fikr, a student activity unit that focuses on developing students' potential in Arabic and English languages. It highlights the unit's history, membership, learning process, and goals, making it accessible to all students. The learning process starts with "Na'tazubil arabiah" and progresses to more advanced levels. The article is well-organized, easy to follow, and uses simple language and personal anecdotes to make it relatable. The article is a valuable resource for students interested in learning more about UKM-F Dzikr N Fikr. However, improvements include adding visuals, providing information on joining, and including testimonials from current or former members.
    motorcycle accident injury lawyer

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Ketua Umum UKM-F DZIKR N FIKR Dari Periode Pertama Sampai Sekarang

 

Upgrading UKM-F DZIKR N FIKR 2019